Asyiknya Nge-Game di Plays.Org, Tapi Jangan Kebablasan Ya

Berawal dari beberapa postingan teman-teman blogger tentang platform game online, plays.org, saya pun jadi ‘terprovokasi’ untuk ikutan mencoba.


Janjian Mbangkong Di Hari Minggu

Pagi ini, di hari minggu yang cerah, kami sekeluarga sepakat untuk mbangkong karena malamnya baru saja menyelesaikan orderan untuk bisnis kit permainan edukatif yang dijalankan istri saya dan 2 orang temannya.

Lumayan, selesai membungkus semua pesanan kit tersebut di rumah istri jam 23:30, lalu menempuh perjalanan balik ke Pandaan sekitar 1.5 jam, sampai rumah masih mandi dulu (dalam rangka taat prokes), bersih-bersih rumah seadanya, jadi praktis baru bisa meet & greet dengan kasur jam 02:30…kecuali Bio yang udah tepar dan kali ini ‘diampuni’ nggak perlu mandi dulu karena dari luar.

Sebenarnya memang nanggung sih, jam segitu mau tidur, karena sebentar juga harus bangun lagi untuk sholat Shubuh. Apalagi kondisi lelah, salah-salah malah bablas nggak Shubuh.

Pukul 04:00, alarm gawai pun berbunyi tanda waktunya bangun untuk sholat Shubuh. Alhamdulillah, kebangun. Ya walaupun untuk Bio, ada sedikit dramatis lah, secara doi baru tidur jam berapa, trus sekarang udah harus bangun. Tapi ya gimana lagi, udah panggilan kan harus dipenuhi, kalau nggak, gawat.

Singkat cerita, selesai Sholat Shubuh dan membereskan sajadah beserta peralatan sholat, kami bertiga menuju tempat yang sama, tak lain dan tak bukan adalah….kasur hahahaha.

Istri dan Bio nggak perlu waktu lama untuk segera ‘berangkat’ sesaat setelah kepala nempel bantal. Namun, saya yang masih nggelibat-nggelibet, nggak bisa tidur. Kebiasaan ba’da sholat Shubuh memang nggak tidur. Selain tuntunannya begitu, ada juga tuntutan untuk bersih-bersih rumah, nganget-ngangetin sarapan di pagi hari selepas Shubuh.

Alhasil, nggak bisa langsung tidur. Mau bersih-bersih kok ya masih aras-arasen. Akhirnya, saya pun memaksa untuk memejamkan mata, kan badan juga butuh istirahat.

Waktunya Bangun


Pukul 09:00, saya terbangun dan melihat istri saya sudah mulai bersih-bersih rumah. Saya pun bangkit dan menuju ruang laundry untuk mencuci baju-baju kotor. Kemudian bersiap untuk ngosek WC. Namun, ketika saya hendak memasuki kamar mandi, ternyata Bio sudah terbangun dan mengeluh lapar. 

Baiklah, berarti reschedule nih jadwal kosek WC-nya. Saya pun pergi membeli lauk untuk sarapan pagi (atau mungkin lebih tepatnya sarap siang). 

Singkat cerita, saya pulang membawa lauk makanan dan beberapa cemilan untuk Bio selama sepekan ke depan. Saya panaskan lauk (masih dalam rangka prokes, semua makanan beli harus dipanasi dulu sebelum dikonsumsi), lalu menyiapkan sarapan untuk Bio dan istri saya.

Setelah itu, saya kembali menuju ke kamar mandi untuk “me time”, ndengerin lagu favorit sambil ngosek WC. Hehehe…beruntung ya istri saya tuh, nggak perlu merogoh kocek dalam-dalam biar saya bisa “me time”.

Kurang lebih 30 menit ngosek WC, saya lanjut ke mesin cuci untuk mengeluarkan baju buat dijemur. Lalu, lanjut ke meja setrika. 

Pas lagi asyik setrika, teringat tentang plays.org yang niat saya mau saya mainkan bareng Bio, mumpung lagi liburan. Jadi, setelah selesai setrika, saya pun membeber laptop dan mengajak Bio untuk mencoba beberapa permainan dari plays.org, yang menurut review teman-teman blogger itu ada permainan edukatifnya.

Pengalaman Memainkan Game di Plays.org

Sebenarnya saya dan istri tidak terlalu sepakat untuk membiarkan Bio bermain game di gawainya. Kami lebih memilih permainan non-digital, karena menurut kami terlalu lama memapar Bio dengan gawai kan nggak bagus untuk matanya.

Jadi untuk antisipasi hal tersebut, strategi saya adalah memasang timer selama 45 menit, dan menggunakan laptop untuk memainkan game di plays.org. Kenapa saya menggunakan laptop daripada gawai padahal di beberapa review, game ini juga bisa dimainkan menggunakan gawai? Sederhana saja sih, saya ingin Bio mengira untuk memainkan game ini harus menggunakan laptop, jadi terpaksa harus sama papa atau mamanya kalau mau main.

Dari beberapa permainan di plays.org yang kami sempat coba mainkan bersama antara lain, Cannons and Soldiers dan Fight Virus.

Soldiers & Cannons

Menurut saya permainan ini cukup seru dan yang paling menyenangkan dari permainan ini adalah, web based. Artinya, kita tidak perlu menginstal permainan tersebut ke laptop atau gawai. cukup menggunakan browser and we are all set.

Tips Bijak Bermain Game di Plays.org

Sejatinya game menurut saya adalah salah satu alat untuk melepas kepenatan akibat rutinitas yang kita jalani. Namun, tentu saja kita tetap harus bijak dalam menggunakan alat tersebut, jangan sampai malah kita yang diperalat.

Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa saya bagikan buat kamu agar tetap bijak dalam memainkan game-game di plays.org apalagi kalau kamu mau memainkannya bersama si kecil.

1. Tentukan Waktu

Menentukan waktu yang saya maksud di sini ada 2 hal. Pertama menentukan kapan waktu yang tepat untuk memainkannya dan berapa lama.

Sesuatu yang menyenangkan seperti game itu bisa bermanfaat jika digunakan dengan bijak. Kalau tidak, nanti kita sendiri yang rugi lho. 

Misalnya boleh bermain di plays.org hanya ketika semua kewajiban sudah selesai ditunaikan, harus ada orang dewasa yang menemani, dan nggak lebih dari 30 menit (atau sesuai kesepakatan bersama).

2. Sesuaikan Permainan

Nah, untuk memilih permainan yang tepat, ada baiknya kamu mempertimbangkan beberapa hal berikut:
  • Kesesuaian tema dengan preferensi/kepribadianmu
  • Kesesuaian tema dengan usia (kalau mainnya sama anak)
  • Tingkat kesulitan (jangan yang terlalu sulit sehingga bikin kamu tambah stress, jangan pula terlalu mudah yang bikin kamu bosan) 

3. Dampingi & Awasi

Terakhir, untuk kamu yang mengajak anakmu untuk memainkan permainan-permainan di plays.org, jangan lupa tetap ditemani ya. Jangan ditinggal sendirian. 

Walaupun sejauh ini saya melihat plays.org ini bebas iklan, tapi ya seperti yang kita sama-sama belajar dari pandemi yaitu, lebih baik bersiap untuk kemungkinan terburuk daripada berharap yang baik-baik. Bukan begitu?

plays.org

Kesimpulan

Menurut saya game-game di plays.org ini sangat banyak dan beberapa di antaranya, membuat saya auto-nostalgia ke masa sebelum game jadi secanggih sekarang. Dan kelebihan lainnya adalah game ini berbasis web, artinya tidak perlu instal apa pun.

Walaupun demikian, tetap bijak ya kawan dalam memainkan game-game di plays.org ini. Tentukan batasannya dan patuhi batasan tersebut.

Selamat mencoba permainan-permainan di plays.org.


2 komentar

  1. Makasih referensi gamesnya mas. Aku suka juga main di plays org ini, tapi kdg suka bingung mau cari games nya, apalagi yg sesuai Ama anak2. Makanya sering baca tulisan temen2 yg menulis ttg plays org, supaya tahu rekomendasi2 gamesnyaaa 😄. Trutama yg bisa dimainin bareng anak

    Kita sama sih, masih ketat bgt ngejalanin prokes. Sampe rumah, ga peduli mau jam berapa, aku ttp pastiin mandi sebelum masuk kamar. Tapi anak2 tetep aku bangunin utk mandi, kayak kemarin dari road trip ke solo itu, sampe rumah jam 1.30 pagi, tapi untungnya anak2 kebangun pas masuk garasi. Jadi ya udah, ttp aku paksa mandi dulu 🤣. Kayaknya walopun pandemi berakhir kebiasaan utk selalu mandi sepulang dari luar, bakal susah aku lepas mas. Udh terlalu biasa skr ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, memang agak ribet sih menjalani prokes ini, apalagi sama anak-anak. Sukses hari ini belum tentu sukses besok-besok.

      Harus sabar dan telaten. 😁

      Hapus

Posting Komentar

Share opini atau pengalaman kamu tentang topik tulisan ini di sini. Share juga tulisan ini temen-temenmu, jika menurutmu bermanfaat.

&Joy!

[ADS] Bottom Ads

© 2021

prim.